7 Sep 2011


WASHINGTON - Melalui salah satu pesawat luar angkasanya, NASA mengklaim menemukan tanda-tanda yang mensinyalir adanya aliran air di permukaan planet Mars.

Jika temuan Mars Reconnaissance Orbiter itu terbukti benar, ini merupakan kali pertama NASA menemukan aliran air aktif di permukaan planet merah tersebut. Demikian seperti dilansir Straits Times, Jumat (5/8/2011).

"Kami telah beberapa kali menemukan bukti yang mengindikasikan aliran air di Mars," cetus Dr Michael Meyer selaku pimpinan program Mars Exploration melalui televisi NASA.

Menurut NASA, pesawat yang mengorbit di sekeliling Mars sejak 2006 itu telah beberapa kali menemukan tanda-tanda kehadiran aliran air yang muncul pada saat-saat tertentu, yakni pada musim semi Mars dan musim panas.

Berdasarkan gambar yang diambil oleh NASA, terdapat tanda menyerupai jari tangan manusia tersebar di beberapa lereng curam. Namun tanda ini menghilang ketika temperatur planet menjadi lebih dingin.

Para ahli NASA tampaknya masih belum yakin apakah mereka benar-benar menemukan aliran air di Mars, padahal selama ini belum pernah ada air ditemukan di sana.

"Sejauh ini, penjelasan terbaik yang bisa kami berikan terhadap observasi tersebut adalah adanya aliran air asin (di Mars). Tapi studi ini belum bisa membuktikannya," jelas Dr Alfred McEwen dari Lunar and Planet Laboratory of University of Arizona.

"Sekarang penemuan ini masih menjadi misteri, tapi misteri ini bisa dipecahkan dengan melakukan observasi serta ujicoba lebih lanjut," pungkasnya.

From: OkeZone.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

click here

ads2